Skip to main content

Menjaga Kebersihan Makanan untuk Cegah Cacingan

Sejumlah parasit dapat masuk ke tubuh melalui makanan, tak terkecuali cacing penyebab infeksi seperti cacing gelang Trichinella. Perpindahan cacing parasit penyebab infeksi cacingan tersebut umumnya lebih sering terjadi di negara-negara berkembang, di mana tingkat sanitasi masih terbilang rendah.

Agar Ibu dan keluarga tidak terinfeksi cacing dan harus merasakan dampak yang sangat merugikan bagi kesehatan, Ibu perlu memberikan perlindungan yang optimal dengan menjaga kebersihan makanan bagi Ibu dan keluarga. Ini karena parasit dan cacing dapat menginfeksi sumber makanan yang biasa kita konsumsi, seperti:

  • Ikan, kepiting, dan hewan laut jenis moluska (cumi-cumi, gurita dan kerang-kerangan)
  • Daging merah (sapi, kambing, unggas)
  • Sayuran yang tumbuh di air (kangkung, tanaman selada air seperti sawi atau kubis) atau sayuran yang tumbuh di tanah yang terkontaminasi telur cacing

Dalam mengonsumsi ketiga jenis bahan makanan di atas, Ibu harus memastikan agar proses masak benar-benar matang sehingga telur cacing atau parasit lain di dalamnya mati dan tidak menginfeksi Ibu atau keluarga. Sebelumnya, cuci bersih bahan makanan seperti sayur dan buah-buahan agar tidak ada telur cacing yang mungkin menempel. Ibu dan keluarga pun disarankan berhati-hati dalam mengonsumsi sushi secara berlebihan—khususnya jenis sashimi. Jika ikan yang digunakan sebagai  sashimi terkontaminasi cacing, maka besar kemungkinan Anda pun akan terinfeksi.

Masuknya cacing kremi, cacing gelang, atau cacing tambang tidak langsung memberikan dampak gejala pada manusia yang terinfeksi. Infeksi baru akan dirasakan beberapa hari hingga berbulan-bulan setelah telur cacing berkembang di dalam tubuh (usus) dan tumbuh dewasa. Jika Ibu merasakan muncul tanda-tanda infeksi cacing berupa sakit perut, diare, berat badan turun, batuk atau bersin pada keluarga, berikan obat cacing Pirantel Pamoat dan obat cacing Mebendazole. Obat cacing Pirantel Pamoat melumpuhkan infeksi cacing kremi (Enterobius vermicularis), cacing gelang (Ascaris lumbricouides), cacing tambang (Ancylosstoma duodenaleNecator americanus), Trichostrongylus colubriformis dan Trichostrongylus dengan cara mendepolarisasi inhibitor neuromuskular dan mengeluarkannya dari tubuh. Obat cacing Mebendazole dapat mengobati infestasi cacing tersebut, juga cacing tambang, cacing cambuk dan cacing Thriconosis (Trichinella) dengan cara menghambat sintesis mikrotubulus dalam cacing parasit dan menghancurkan mikrotubuls sitoplasma yang masih ada di dalam usus, mencegah penyerapan glukosa dan nutrisi lain sehingga cacing pun mati. Selain itu, periksakan kondisi Ibu dan keluarga ke dokter secara berkala, setiap 6 bulan sekali agar terhindar dari risiko penyakit cacingan.