Skip to main content

Title

Mencegah Infeksi Ulang Cacing Kremi

Cacing pada orang dewasa dan anak-anak merupakan hal yang biasa terjadi, dan ada beberapa jenis cacing yang bisa menyebabkan masalah kesehatan – termasuk cacing kremi, cacing gelang, cacing cambuk, cacing tambang, dan cacing pita. Cacing-cacing ini lebih sering ditemukan di daerah dengan tingkat kepadatan penduduk yang tinggi dan fasilitas kebersihan dan sanitasi yang buruk.

Mengambil langkah pencegahan untuk memastikan agar cacing tidak kembali setelah infeksi awal hampir sama pentingnya dengan tindakan pengobatan pertama itu sendiri! Cacing bisa menyebar melalui salah satu kegiatan berbagi yang sangat penting di masa kecil, dari kontak langsung saat berolahraga hingga berbagi mainan dengan teman. Telur cacing kadang-kadang bisa tersebar melalui udara, sehingga membuatnya lebih mudah menyebar dan menginfeksi orang lain. Tanpa tindakan yang tepat untuk mencegah infeksi ulang, Anda bisa menghadapi serangan infeksi cacing terus menerus yang tidak menyenangkan bagi seluruh anggota keluarga. Berikut adalah cara untuk membantu mengurangi peluang infeksi ulang dan bersiap menghadapi infeksi cacing.

Persiapkan diri

Para ibu dan ayah mengetahui tentang pentingnya persiapan, khususnya terhadap kasus infeksi cacing! Menyiapkan pengobatan yang tepat untuk segera mengobati gejala yang muncul bisa sangat membantu mengobati infeksi dan memastikan agar anak-anak bisa kembali berbagi kesenangan bersama teman atau saudara mereka sesegera mungkin. Pastikan Anda memiliki Combantrin® (Pirantel Pamoat) dan bersiaplah untuk menghadapi segala kemungkinan yang ada.

Obati seluruh anggota keluarga

Mengobati infeksi cacing kremi pada satu anggota keluarga saja dan mengabaikan tindakan pengobatan anggota keluarga yang lain bisa meningkatkan risiko infeksi ulang secara signifikan. Jika Anda melihat tanda dan gejala infeksi cacing pada satu anggota keluarga, pastikan Anda bertindak cepat dan mengobati semua orang yang tinggal di rumah Anda – termasuk Ibu dan Ayah sendiri! Kadang-kadang infeksi cacing tidak tampak pada anggota keluarga lainnya karena tidak semua orang menunjukkan gejala gangguan kesehatan (terutama orang dewasa) – jadi sangat penting untuk menyiapkan diri Anda dan mengobati semua orang, daripada membiarkan potensi infeksi berkembang dengan bebas.

Bersihkan rumah pasca pengobatan

Setelah Anda mengatasi masalah cacingan secara internal dengan menggunakan Combantrin® (Pirantel Pamoat), Anda juga harus melakukan tindakan pembersihan menyeluruh pada rumah Anda. Telur cacing bisa bertahan selama beberapa hari di permukaan luar, namun Anda bisa mencegah infeksi ulang dengan melakukan hal-hal berikut ini:

  • Cuci semua seprai dan linen yang digunakan oleh anggota keluarga Anda dengan air panas untuk membunuh telur cacing yang tersisa. Jangan lupa untuk membersihkan boneka Teddy Bear atau selimut favorit, dan berhati-hatilah untuk tidak mengebaskan linen saat melepas seprei – Anda bisa menyebarkan telur cacing yang mudah menular ke udara.
  • Gunakan air panas dan cuci semua handuk, kain flanel, dan bahan kain lainnya yang bersentuhan dengan kulit secara berkala (bantal, guling, selimut, dll.).
  • Lakukan desinfeksi semua permukaan yang keras, termasuk meja dapur, area kamar mandi, area di sekitar wastafel kamar mandi, dan meja atau tempat kerja yang mungkin Anda miliki.
  • Sedot debu pada karpet & bersihkan lantai
  • Mainan plastik bisa menyimpan infeksi selama berhari-hari – kumpulkan semua mainan anak Anda dan bersihkan mereka dengan saksama.
  • Mandi dengan air pancuran lebih dianjurkan pada hari-hari setelah pengobatan dilakukan – jangan lupa untuk mencuci tirai dan keset kamar mandi setelahnya!

Pengobatan lanjutan

Pengobatan awal terhadap infeksi cacing sangatlah penting, namun Anda harus menyelesaikan pekerjaan yang tersisa! Telur cacing, yang diletakkan di sekitar anus, bisa menetas setelah tindakan pengobatan awal, dan menyebabkan infeksi terulang kembali.

Untuk memastikan bahwa cacing dewasa baru yang mungkin telah berkembang dari telur dan larva ditangani secara menyeluruh, pengobatan lanjutan terhadap cacingan sekitar dua hingga empat minggu setelah dosis pengobatan awal diberikan, mungkin diperlukan jika gejala masih berlanjut. Periode waktu ini memberikan waktu kepada telur cacing untuk menetas dan tumbuh menjadi cacing dewasa, sebelum dilumpuhkan dan dikeluarkan dari tubuh oleh Combantrin® (Pirantel Pamoat).

Perhatikan kebersihan diri anak-anak

Setelah Anda memberikan tindakan pengobatan, dianjurkan agar Anda memandikan anak-anak dengan pancuran, setidaknya beberapa hari setelah pengobatan dilakukan. Tindakan ini bisa membantu menghilangkan sisa telur cacing dari daerah anus. Cuci tangan Anda secara berkala untuk menghindari terjadinya infeksi pada diri Anda, dan dorong anak Anda untuk melakukan hal yang sama, terutama setelah menggunakan toilet atau bermain di luar. Menjaga kerapihan dan kebersihan kuku jari juga bisa membantu kita – kuku yang lebih panjang memberikan tempat persembunyian yang bagus bagi telur cacing.

Pastikan agar anak-anak tidur dengan pakaian dalam yang nyaman, bukan dengan piyama yang longgar. Hal ini bisa membuat mereka lebih sulit untuk menggaruk daerah pantat mereka, mengurangi risiko pindahnya telur cacing ke jari. Terakhir, cobalah untuk mencegah anak-anak menempatkan benda dan jari ke dalam mulut mereka, karena bisa membantu mencegah infeksi ulang terjadi.

Beritahu teman Anda

Menginformasikan hal ini kepada orang lain bisa membantu memutus siklus infeksi cacing. Anda bisa membantu dengan mendorong para orangtua untuk memeriksa gejala gangguan kesehatan pada anak-anak mereka dan memastikan pengobatan pada anak-anak yang menunjukkan gejala gangguan kesehatan akibat infeksi cacing. Dengan mengikuti kiat-kiat ini, dan dengan benar-benar mengobati infeksi cacing yang terjadi dengan Combantrin® Anda bisa membantu mengurangi risiko infeksi ulang dan menjaga keluarga Anda bebas dari infeksi cacing.