Skip to main content

3 Makanan untuk Cegah Infeksi Cacing

Dengan datangnya musim penghujan, tak ada yang lebih menyenangkan daripada berkumpul dengan keluarga kecil Anda, menikmati minuman hangat sambil menemani si kecil menonton acara TV kesukaannya. Namun, saat si kecil ingin bermain di luar rumah sementara jalanan kerap becek dan halaman penuh lumpur, Anda perlu waspada. Pasalnya, penyakit cacingan dapat ditularkan dengan mudah karena telur dan larva cacing dapat ditemukan di tanah tempat anak-anak bermain.

Untuk melindungi anak Anda dari risiko infeksi cacing, selalu ingatkan mereka untuk menggunakan alas kaki saat bermain, mencuci tangan dan kaki selepas bermain di luar rumah dan mencuci tangan setiap sebelum makan. Selain tips pencegahan tersebut, ternyata Anda juga dapat mencegah si kecil dan anggota keluarga lain terkena infeksi cacing yang lebih parah dengan cara mengonsumsi makanan-makanan berikut ini.

  1. Buah bit dan delima

Kandungan anti-bakteri di dalam buah bit dan delima tak hanya berkhasiat membantu mengurangi risiko infeksi akibat cacing, tapi juga membersihkan racun yang ada di dalam tubuh karena adanya kandungan tinggi antioksidan di dalamnya.

  1. Bawang putih, bawang bombay dan kelapa

Ketiganya diketahui dapat meningkatan aktivitas antiprotozoa di dalam tubuh sehingga mengurangi komplikasi pencernaan akibat infeksi cacing. Kandungan inulin dalam bawang putih juga berkhasiat sebagai prebiotik, membentuk produksi bakteri baik dalam usus.

  1. Pepaya dan nanas

Buah pepaya dan nanas kaya akan enzim pencernaan, sehingga mengonsumsi kedua buah ini secara rutin dapat membantu memperlancar kerja sistem cerna tubuh. Selain itu, buah nanas juga memiliki kandungan tinggi vitamin C dan zat anti-radang yang dapat melindungi usus dari dampak infeksi virus, bakteri maupun parasit seperti cacing.

Jangan lupa, sebelum mengonsumsi makanan tersebut Anda harus memperhatikan kebersihannya. Cuci buah-buahan hingga bersih agar tak ada telur maupun larva cacing yang menempel dan tertelan masuk ke perut. Jika buah yang dikonsumsi terkontaminasi cacing kemudian menginfeksi tubuh, maka gejala seperti sakit perut, diare, dan muntah bisa muncul.

Untuk mengatasi gejala cacingan, berikan obat cacing Pirantel Pamoat yang mampu secara efektif melumpuhkan cacing dalam tubuh. Periksakan pula kondisi si kecil dan seluruh anggota keluarga setiap enam bulan sekali agar terhindar dari risiko cacingan.