Skip to main content

Bisakah Terinfeksi Cacing dari Hewan Peliharaan di Rumah?

Memelihara hewan peliharaan di rumah memang menyenangkan, khususnya bagi anak-anak. Selain sebagai teman bermain, memelihara hewan peliharaan seperti kucing atau anjing nyatanya dapat mengajarkan anak-anak rasa tanggung jawab, kasih sayang dan empati sejak mereka kecil. Meski begitu, memelihara hewan peliharaan di rumah tak selamanya menyenangkan. Anda perlu waspada akan adanya risiko terinfeksi cacing sehingga memicu penyakit cacingan pada anak atau anggota keluarga lainnya.

Hewan peliharaan sebagai inang cacing tambang

Anak kucing maupun anjing peliharaan bisa menjadi inang atau host tempat cacing berkembang biak. Cacing yang menginfeksi hewan peliharaan merupakan jenis cacing tambang Ancylosstoma duodenale dan Necator americanus. Jika anak kucing maupun anjing peliharaan terinfeksi cacing tambang jenis ini, maka Anda atau si kecil secara tidak langsung pun akan dapat terinfeksi.

Bagaimana cacing menginfeksi manusia melalui hewan peliharaan?

Infeksi cacing tidak serta-merta didapat ketika Anda atau si kecil mengelus, menggendong atau membelai hewan peliharaan. Apabila hewan peliharaan Anda terinfeksi cacing, maka telur cacing dapat keluar melalui kotoran kemudian berkembang menjadi larva. Anda dan si kecil berisiko terinfeksi jika kemudian menyentuh kotoran yang mengandung cacing tersebut menggunakan tangan kosong, sehinga cacing masuk ke tubuh baik dengan cara menembus kulit ataupun tertelan ke mulut saat makan dengan tangan yang kotor.

Mencegah Anda dan si Kecil terinfeksi cacing dari hewan peliharaan

Karena larva cacing tambang dapat masuk ke tubuh dengan cara menembus kulit, maka sangat penting bagi Anda sekeluarga untuk berhati-hati dalam merawat hewan peliharaan, khususnya dalam hal menjaga kebersihannya. Gunakan sarung tangan dan alas kaki saat membersihkan kotoran dan kandangnya, mandikan hewan peliharaan Anda secara berkala, dan jangan lupa untuk memberikan vaksin anti-cacing untuk hewan peliharaan Anda agar tidak ada risiko infeksi bagi Anda sekeluarga.

Bila upaya pencegahan terhadap infeksi cacing tersebut tidak tercapai sehingga muncul gejala infeksi pada si kecil atau keluarga lainnya, berikan obat cacing Pirantel Pamoat yang mampu secara efektif melumpuhkan cacing dalam tubuh. Periksakan pula kondisi si kecil dan seluruh anggota keluarga setiap enam bulan sekali agar terhindar dari risiko cacingan.