Skip to main content

Title

Jenis Cacing – Cacing Gelang

Cacing gelang paling sering ditemukan di daerah dengan tingkat kepadatan penduduk yang tinggi dan fasilitas kebersihan dan sanitasi yang buruk. Anak-anak yang bermain di luar rumah di negara-negara dengan tingkat sanitasi yang buruk dan tingkat kepadatan penduduk yang tinggi diketahui bisa terjangkit infeksi cacing ini, terutama jika ada tinja yang terletak di lingkungan sekitar mereka. Segera hubungi tenaga medis profesional jika anak Anda atau anggota keluarga Anda mungkin terkena infeksi cacing gelang berdasarkan informasi yang tertera di sini.

Kita tahu betapa pentingnya persiapan bagi orangtua dalam menghadapi berbagai masalah kesehatan dan kesejahteraan anak-anak mereka. Berikut ini kami sajikan lembar fakta tentang cacing gelang, bagaimana cara mereka masuk ke dalam tubuh, gejala kesehatan apa yang mereka timbulkan, dan – mungkin yang paling penting – bagaimana cara untuk mengobati kasus infeksi.

Pengantar tentang cacing gelang

Cacing gelang merupakan parasit yang bisa masuk ke dalam tubuh dan menimbulkan efek samping yang tidak menyenangkan bagi anak kecil.
Cacing ini dikenal juga sebagai 'nematoda', cacing ini suka hidup di usus manusia, namun beberapa spesies bisa melakukan perjalanan ke berbagai organ tubuh lainnya. Cacing ini terlihat seperti spaghetti yang telah direbus, dan rentang ukurannya dari beberapa milimeter hingga bisa mencapai dua meter.1

Bagaimana Anda terkena infeksi cacing gelang?

Cara yang paling umum untuk terjangkit cacing gelang adalah melalui tanah yang terkontaminasi1. Telur dan larva kecil bisa hidup di permukaan tanah, dan bisa berakhir dengan mudah di dalam tubuh jika ada tanah yang terinfeksi pada tangan seseorang dan mereka menggunakan tangan tersebut untuk menyentuh mulut mereka. Anak-anak bisa terinfeksi dengan memasukkan jari-jari kotor ke dalam mulut mereka – suatu tindakan yang sering dilakukan oleh anak-anak setiap saat!

Banyak hewan peliharaan rumah tangga yang juga terjangkit cacing gelang – cacing ini merupakan parasit umum yang terdapat pada anjing dan kucing2, Hewan peliharaan Anda bisa menyimpan telur cacing di dalam kotoran mereka, mencemari tanah dan membuat anak-anak yang penasaran terpapar pada infeksi cacing.

Tidak seperti yang dipercaya oleh kebanyakan orang, infeksi cacing gelang tidak menandakan tingkat kebersihan yang buruk. Anak-anak memiliki keingintahuan secara alami dan sering tidak ragu untuk menyentuh tanah saat bermain atau belajar! Meskipun mengajari anak-anak untuk tidak bermain dengan kotoran hewan dan mencuci tangan sesering mungkin bisa membantu menurunkan kemungkinan infeksi, penting bagi para ibu untuk memahami bahwa cacing merupakan bagian alami dari pertumbuhan sebagian besar anak kecil, dan proses pengobatan terhadap cacingan bukanlah suatu tanda kebersihan yang buruk, melainkan tindakan perawatan yang umum dilakukan oleh Anda sebagai ibu dan ayah.

Apa gejala infeksi cacing gelang?

Dalam kebanyakan kasus, infeksi tidak benar-benar menyebabkan gejala yang terlihat secara jelas. Namun bila terjadi, gejala tersebut akan muncul dalam dua tahap yang berbeda3:

  • Gejala fase awal: larva yang baru menetas akan bergerak dari usus halus (di mana mereka biasanya tinggal) ke paru-paru, yang bisa menyebabkan sejumlah gejala gangguan kesehatan, termasuk demam, batuk kering, sesak napas, dan mengi. Para ahli belum berhasil menetapkan penyebab mengapa beberapa orang yang terinfeksi cacing gelang menunjukkan gejala ini. Gejala pada fase awal bisa jelas terlihat dalam jangka waktu 4-16 hari setelah telur atau larva tertelan.
  • Gejala fase akhir: ketika cacing yang hidup di usus halus telah dewasa, mereka bisa menyebabkan penyumbatan pada sistem pencernaan, yang bisa menyebabkan rasa sakit perut ringan, mual, diare, dan pada akhirnya, Anda akan mengeluarkan cacing melalui kotoran Anda. Hal ini cenderung tidak terlihat hingga sekitar enam minggu setelah infeksi awal terjadi.

Bagaimana cara mengobati infeksi cacing gelang?

Jika Anda mencurigai adanya infeksi cacing gelang, sebaiknya segera lakukan verifikasi medis dengan dokter Anda. Cacing gelang bisa diobati dengan Combantrin® (Pirantel Pamoat) yang secara efektif melumpuhkan cacing di dalam tubuh dan mengeluarkannya bersama dengan kotoran. Dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan infeksi cacing lagi sekitar 2-4 minggu kemudian jika gejala gangguan kesehatan terus berlanjut, dan lakukan tindakan pengobatan ulang bila perlu. Ingatlah juga untuk mengobati seluruh anggota keluarga Anda, demi memastikan cacing yang mungkin telah menjangkiti anggota keluarga lainnya juga ditangani dengan baik.
Jika gejalanya tetap berlanjut, segera konsultasikan dengan dokter Anda.

Treat Worm Infections in Children

Mengobati Infeksi Cacing pada Anak-Anak

Infeksi cacing bisa terjadi pada siapa saja. Bersiaplah untuk mempertahankan diri Anda dari infeksi cacing.