Skip to main content

Title

Cacing pada Orang Dewasa

Kiat-Kiat Pembasmian Cacing untuk Orang Dewasa

Ada beberapa jenis cacing yang bisa menyebabkan masalah kesehatan pada orang dewasa, termasuk cacing kremi, cacing gelang, strongyloides (sejenis cacing gelang), cacing cambuk, dan cacing tambang.

Salah satu hal yang diketahui dari infeksi cacing kremi adalah sifatnya yang sangat menular – yang berarti bahwa jika ada salah satu anggota keluarga yang terjangkit cacing ini, anggota keluarga lainnya yang tinggal di sekitarnya berisiko tinggi untuk terjangkit cacing ini juga. Itulah sebabnya mengapa sangat penting untuk mengobati seluruh anggota keluarga secara menyeluruh jika ada salah satu anggota keluarga yang mengalami gejala infeksi cacing.

Penyebaran infeksi cacing

Anda bisa saja membutuhkan beberapa hari untuk menyadari bahwa anak Anda telah terinfeksi oleh cacing, dan pada saat itu, Anda mungkin telah sering melakukan kontak fisik dengan mereka: membantu mereka berpakaian untuk sekolah, bermain bersama dengan mereka di luar rumah, atau bahkan berbagi barang sehari-hari seperti pensil warna atau keyboard komputer. Cacing kremi mudah menyebar karena kontak fisik sesedikit apa pun bisa menularkan infeksi cacing ini, yang menyebabkan kenapa banyak orang dewasa mengalami infeksi cacing yang sama dengan anak-anak mereka.

Untuk menghentikan penyebaran cacing, sangat penting untuk mengobati semua anggota keluarga – bukan hanya anak-anak kecil saja! Orang dewasa harus menjalani pengobatan terhadap infeksi cacing sesegera mungkin setelah anak mereka menunjukkan gejala gangguan kesehatan (yang bisa mencakup rasa terganggu secara umum, kelelahan, kehilangan nafsu makan, dan pantat yang terasa gatal). Tindak lanjut dalam jangka waktu dua hingga empat minggu juga sangat dianjurkan jika tanda dan gejala infeksi masih berlanjut.

Infeksi cacing asimtomatik (tidak bergejala)

Beberapa infeksi cacing tidak menunjukkan gejala apa pun – dan bersifat asimtomatik, yang bisa menyebabkan pihak yang terinfeksi percaya bahwa mereka sehat secara jasmani. Orang dewasa pada khususnya tidak menunjukkan tanda-tanda infeksi. Namun jangan mengambil risiko yang tidak perlu – jika ada anggota keluarga Anda yang menderita infeksi cacing, segera obati seluruh anggota keluarga di sekitarnya. Anda mungkin telah saling berpelukan, menyentuh peralatan makan yang sama atau mengambil barang yang sama dengan orang yang terinfeksi, dan kemungkinan besar infeksi cacing telah ditularkan ke anggota keluarga lainnya.

Jika cacing gelang, cacing tambang, strongyloide, atau cacing cambuk dicurigai menginfeksi anggota keluarga Anda, segera dapatkan bantuan medis yang diperlukan.

Fakta tentang infeksi cacing pada orang dewasa

Tahukah Anda bahwa tingkat risiko anggota keluarga lain yang bisa terkena infeksi cacing kremi dari anak yang terinfeksi bisa mencapai angka 75%1? Dengan informasi ini, mudah untuk mengetahui mengapa orang dewasa perlu segera mengambil tindakan dalam menghadapi infeksi cacing – bukan hanya pada anak-anak, namun pada diri mereka sendiri juga.

Simak jajaran produk Combantrin® (Pirantel Pamoat) yang sesuai dengan seluruh anggota keluarga.

Jika gejalanya tetap berlanjut, segera konsultasikan dengan dokter Anda.

Treat Worm Infections in Children

Mengobati Infeksi Cacing pada Anak-Anak

Infeksi cacing bisa terjadi pada siapa saja. Bersiaplah untuk mempertahankan diri Anda dari infeksi cacing.
WORMS FAQ

Pertanyaan Umum Mengenai Cacing

Jika Anda memiliki pertanyaan seputar cacing, jawabannya mungkin telah tersedia di bagian Pertanyaan Umum kami.